Kamis, 04 November 2010

Fungsi Perangkat Keras Penyusun Komputer

FUNGSI  SINGKATAN  CONTOH  DARI  PERANGKAT  KERAS  YANG  MENYUSUN SEBUAH  KOMPUTER

Perangakat keras atau Hardware adalah alat fisik penyusun sebuah komputer, dan hardware sendiri bisa dibagi menjadi beberapa kategori :
1.     Kategori Perangkat Input
Perangkat yang masuk dalam kategori ini adalah sbb :
  1. Keyboard, merupakan komponen yang berfungsi untuk memberikan masukan berupa data-data alfanumerik dan data ASCII lainnya.


       2. Mouse, merupakan komponen yang sangat berfungsi dalam komputer
          yang menggunakan sistem operasi berbasis GUI, dimana dalam
          pengopersiannya akan berhubungan dengan pointer yang ada di layar
          monitor yang befungsi untuk mempercepat atau mempermudah dalam
          pengoperasian perintah-perintah program dalam komputer.




     3.  Pen, digunakan sebagai pengganti pionter mouse. Biasanya digunakan
         pada komputer yang memiliki layar sentuh. Untuk memerikan
         perintah tertentu, tidak lagi menggunakan mouse, tapi tinggal
         menyentuhkan pen ke GUI di layar sentuh.




      4. Microphone, komponen masukan yang memberikan data masukan
          berupa data suara.



       5. Scanner, digunakan untuk memindai gambar yang akan dimasukkan ke
          dalam sistem komputer menjadi berbentuk digital.





      6. Webcam, berfungsi sebagai konferensi video jarak jauh atau sebagai
          kamera pemantau, webcam pada umumnya tidak membutuhkan 
          kaset atau tempat penyimpanan data.


      7. Joystick, menggerakkan kursor dalam computer seperti mouse atau
         sebagai kontroler dalam game agar user bias leluasa menggerakkan
         objek atau mengontrol sesuai kehendaknya.



 2.     Kategori Perangkat Output
  Perangkat keras yang masuk dalam kategori ini adalah :
  1. Monitor, komponen yang menampilkan proses atau apa yang sedang dikerjakan oleh komputer. Termasuk menampilkan data hasil pengolahan.





      2. Printer, untuk menampilkan atau mencetak data dari komputer.



       3. Plotter, sama dengan printer. Yang membedakannya adalah
          kemampuan pencetakan datanya. 
      


      4. Speaker atau Buzzer, untuk menyampaikan informasi atau data hasil
          pengolahan dalam bentuk gelombang suara.






3.     Kategori Perangkat Penyimpan
Perangkat keras untuk menyimpan data yaitu :
1. Harddisk







Berfungsi untuk menyimpan data dan program yang diperlukan oleh seluruh komponen (komputer).
      1.        CD (Compact Disk) Room, berfungsi untuk membaca compact disk dalam
      bentuk audio atau CD room
      



2.       Memory Flash, dapat menyimpan atau membaca data dari satu komputer
      ke komputer lain dan data tersebut akan bersifat permanen tanpa
      menggunakan listrik.
      3.       RAM (Random Access Memory), tempat penyimpanan data dan program
      yang sifatnya sementara yang digunakan untuk mempercepat proses
      dari kerja prosesor.
      4.       ROM (Read Only Memory ), digunakan untuk menyimpan firmware.


4.     Kategori Perangkat Pemroses
Komponen komputer yang termasuk pada komponen pemroses adalah : 
1. CPU (Central Processing Unit), menjalankan program-program yang di 
    impan dimemory utama.



        2.  VGA (Vidio Graphics Array), perantara antara Prosesor (dan komponen
             pendukungnya) dengan layar penampil (monitor). Perangkat yang
             bertanggung jawab terhadap ketajaman grafis gambar dan video. 
                           3.  Motherboard, merupakan komponen yang menjadi tempat semua 
             komponen berhubungan. Semua komponen mulai dari input, proses
             hingga output, berhubungan melalui komponen ini.



     
         1.        ALU (Arithmetic and Logic Unit), berfungsi untuk melakukan semua
         perhitungan aritmatika dan keputusan dari operasi logika sesuai dengan
         instruksi program yang ditetapkan.
         2.       CU (Control Unit), bertugas sebagai :
a.      Mengatur dan mengendalikan I/O devices
b.      Mengambil instruksi-instruksi dari main memory
c.        Mengambil data dari main memory bila dibutuhkan oleh proses
d.      Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU
e.       Menampung (menyimpan secara sementara) hasil proses ke main memory
         3.       Register, merupakan sebuah unit simpanan dengan kapasitas kecil namun
         kecepatannya diatas main memory yang bertugas menampung data
         yang sedang diproses.
         4.       Cache Memory, dibuat dengan tujuan agar kerja dari CPU lebih efisien
         dan mengurangi waktu yang terbuang dan digunakan untuk
         menyimpan instruksi dan data yang sering digunakan oleh CPU sehingga
         CPU tidak perlu mencarinya di RAM.

     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar