FUNGSI SINGKATAN CONTOH DARI PERANGKAT KERAS YANG MENYUSUN SEBUAH KOMPUTER
Perangakat keras atau Hardware adalah alat fisik penyusun sebuah komputer, dan hardware sendiri bisa dibagi menjadi beberapa kategori :
1. Kategori Perangkat Input
Perangkat yang masuk dalam kategori ini adalah sbb :
- Keyboard, merupakan komponen yang berfungsi untuk memberikan masukan berupa data-data alfanumerik dan data ASCII lainnya.
2. Mouse, merupakan komponen yang sangat berfungsi dalam komputer
yang menggunakan sistem operasi berbasis GUI, dimana dalam
pengopersiannya akan berhubungan dengan pointer yang ada di layar
monitor yang befungsi untuk mempercepat atau mempermudah dalam
pengoperasian perintah-perintah program dalam komputer.
3. Pen, digunakan sebagai pengganti pionter mouse. Biasanya digunakan
pada komputer yang memiliki layar sentuh. Untuk memerikan
perintah tertentu, tidak lagi menggunakan mouse, tapi tinggal
menyentuhkan pen ke GUI di layar sentuh.
4. Microphone, komponen masukan yang memberikan data masukan
berupa data suara.
5. Scanner, digunakan untuk memindai gambar yang akan dimasukkan ke
dalam sistem komputer menjadi berbentuk digital.
6. Webcam, berfungsi sebagai konferensi video jarak jauh atau sebagai
kamera pemantau, webcam pada umumnya tidak membutuhkan
kaset atau tempat penyimpanan data.
7. Joystick, menggerakkan kursor dalam computer seperti mouse atau
sebagai kontroler dalam game agar user bias leluasa menggerakkan
objek atau mengontrol sesuai kehendaknya.
2. Kategori Perangkat Output
Perangkat keras yang masuk dalam kategori ini adalah :
- Monitor, komponen yang menampilkan proses atau apa yang sedang dikerjakan oleh komputer. Termasuk menampilkan data hasil pengolahan.
2. Printer, untuk menampilkan atau mencetak data dari komputer.
3. Plotter, sama dengan printer. Yang membedakannya adalah
kemampuan pencetakan datanya.
4. Speaker atau Buzzer, untuk menyampaikan informasi atau data hasil
pengolahan dalam bentuk gelombang suara.
3. Kategori Perangkat Penyimpan
Perangkat keras untuk menyimpan data yaitu :
1. Harddisk
1. Harddisk
Berfungsi untuk menyimpan data dan program yang diperlukan oleh seluruh komponen (komputer).
1. CD (Compact Disk) Room, berfungsi untuk membaca compact disk dalam
bentuk audio atau CD room
bentuk audio atau CD room
2. Memory Flash, dapat menyimpan atau membaca data dari satu komputer
ke komputer lain dan data tersebut akan bersifat permanen tanpa
menggunakan listrik.
3. RAM (Random Access Memory), tempat penyimpanan data dan program
yang sifatnya sementara yang digunakan untuk mempercepat proses
dari kerja prosesor.
yang sifatnya sementara yang digunakan untuk mempercepat proses
dari kerja prosesor.
4. ROM (Read Only Memory ), digunakan untuk menyimpan firmware.
4. Kategori Perangkat Pemroses
Komponen komputer yang termasuk pada komponen pemroses adalah :
1. CPU (Central Processing Unit), menjalankan program-program yang di
impan dimemory utama.
1. CPU (Central Processing Unit), menjalankan program-program yang di
impan dimemory utama.
2. VGA (Vidio Graphics Array), perantara antara Prosesor (dan komponen
pendukungnya) dengan layar penampil (monitor). Perangkat yang
bertanggung jawab terhadap ketajaman grafis gambar dan video.
3. Motherboard, merupakan komponen yang menjadi tempat semua
komponen berhubungan. Semua komponen mulai dari input, proses
hingga output, berhubungan melalui komponen ini.
komponen berhubungan. Semua komponen mulai dari input, proses
hingga output, berhubungan melalui komponen ini.
1. ALU (Arithmetic and Logic Unit), berfungsi untuk melakukan semua
perhitungan aritmatika dan keputusan dari operasi logika sesuai dengan
instruksi program yang ditetapkan.
perhitungan aritmatika dan keputusan dari operasi logika sesuai dengan
instruksi program yang ditetapkan.
2. CU (Control Unit), bertugas sebagai :
a. Mengatur dan mengendalikan I/O devices
b. Mengambil instruksi-instruksi dari main memory
c. Mengambil data dari main memory bila dibutuhkan oleh proses
d. Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU
e. Menampung (menyimpan secara sementara) hasil proses ke main memory
3. Register, merupakan sebuah unit simpanan dengan kapasitas kecil namun
kecepatannya diatas main memory yang bertugas menampung data
yang sedang diproses.
kecepatannya diatas main memory yang bertugas menampung data
yang sedang diproses.
4. Cache Memory, dibuat dengan tujuan agar kerja dari CPU lebih efisien
dan mengurangi waktu yang terbuang dan digunakan untuk
menyimpan instruksi dan data yang sering digunakan oleh CPU sehingga
CPU tidak perlu mencarinya di RAM.
dan mengurangi waktu yang terbuang dan digunakan untuk
menyimpan instruksi dan data yang sering digunakan oleh CPU sehingga
CPU tidak perlu mencarinya di RAM.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar