Kamis, 04 November 2010

CPU-Z




Processor
Processor merupakan komponen yang menjalankan program (baris-baris perintah) yang tersimpan pada memory.
Prosesor Dual-Core Mobile
" Arrandale "(32 nm)
• Berdasarkan mikroarsitektur Westmere .
• Semua model dukungan: MMX , SSE , SSE2 , SSE3 , SSSE3 , SSE4.1 , SSE4.2 , Enhanced Intel SpeedStep Technology (EIST), Intel 64 , XD bit (sebuah bit NX pelaksanaan), Intel VT-x , Hyper-Threading , Smart Cache
• FSB telah diganti dengan DMI .
• Die, size: 81 mm ²
• Transistor: 382000000
• Grafis dan Integrated Memory Controller mati size: 114 mm ²
• Transistor: 177 juta
• Melangkah : C2, K0
• Core i3-380M tidak mendukung Intel VT-x
• Core i3-330E memiliki dukungan untuk memori ECC dan PCI express bifurkasi pelabuhan.



MMX
Sebenarnya MMX adalah sebuah teknologi hasil karya perusahaan Intel. Pada awalnya, stilah MMX dikabarkan merupakan kependekan dari MultiMedia eXtension atau Multiple Math atau Matrix Math eXtension. Namun pihak Intel secara resmi menolak pengertian tersebut, dan mengatakan bahwa MMX bukan singkatan apapun juga. MMX adalah trademarked (cap/merk dagang) Intel, yang mengandung pengertian atas peningkatan prosesor dalam kompresi & dekompresi video, manipulasi gambar, enkripsi, pemrosesan Input/Output.
MMX sendiri sebenarnya adalah sekumpulan instruksi SIMD. Dengan penerapan SIMD, memungkinkan chip prosesor mengeksekusi perintah-perintah yang berulang – ulang atau yang paralel secara cepat, terutama ketika prosesor menjalankan perintah yang
berhubungan dengan video, audio, grafik, dan animasi.

SSE (1, 2, 3, 3S, 4.1, 4,2)
Ke dalam SSE versi pertama, ditambahkan 70 instruksi baru yang digunakan untuk pemrosesan grafik dan suara yang lebih baik daripada yang disediakan oleh instruksi MMX. Selain menambahkan kemampuan kalkulasi pemrosesan MMX yang hanya dapat menangani bilangan integer, SSE juga menambahkan kemampuan kalkulasi terhadap bilangan floating-point, dan menggunakan unit SSE terpisah daripada menggunakan FPU yang sama seperti yang terjadi pada MMX.

EM64T
Intel EM64T (Intel® Extended Memory 64 Technology) memungkinkan prosesor untuk
berjalan dengan kode 64-bit baru dan untuk mengakses memory yang lebih besar,
yang memberikan performa grafis yang hebat dan kecepatan proses data yang lebih
tinggi. Aplikasi media digital mendapatkan keuntungan dari Intel EM64T pada proses
video dan audio kualitas tinggi dan dan juga 3D rendering.

Cache
Cache merupakan memory tambahan yang sangat cepat yang diletakkan sangat dekat dengan processor. Cache dibuat berlapis. Ada cache level 1, cache level 2 dan cache level 3. Cache level 1 biasanta lebih kecil ukurannya dari pada cache level 2, namun kecepatannya lebih tinggi. Cache level 1 terbagi menjadi instruction cache dan data cache. Ketika akan mengeksekusi data processor akan mencari data tersebut di register, apabila tidak terdapat maka akan mencari di cache level 1, kemudian cache level 2, kemudian cache level 3. Kemudian pada memory utama atau RAM, kemudian pada secondary memory (magnetic disc, optical disk). Apabila processor menemukan data di cache akan disebut sebagai cache hit. Apabila tidak menemukan data di cache akan disebut cache miss.

Clocks (Core #0)
Clock speed adalah ukuran dari seberapa besar kecepatan komputer menyelesaikan perhitungan dasar dan operasi.


Multiplier, angka multiplier bekerjasama dengan bus speed menentukan berapa cepat sebuah CPU dijalankan. Multiplier 4.5 dipasangkan dengan prosesor pada bus speed 100 MHz akan menghasilkan kecepatan CPU 450 MHz (4.5 x 100). Hampir seluruh prosesor baru keluaran Intel sudah dikunci pada multipliernya sehingga hanya bisa dijalankan pada multiplier tertentu. Bus speed merupakan ukuran yang independen dan dapat diubah-ubah sehingga 4.5x100 dan 4.5x103 akan menghasilkan sebuah CPU yang berjalan pada kecepatan yang berbeda (dengan catatan CPU tersebut sanggup dijalankan pada kecepatan tersebut).


Bus speed adalah kecepatan bus. Jumlah alur yang mampu dilaksanakan oleh sebuah pemproses dalam masa second. Satuan waktu ini diukur dalam unit juta arahan second yang disebut juga sebagai megahertz (MHz) atau juta kitaran second dan kebanyakan komputer memiliki bus berkecepatan diantara 100 hingga 133MHz. Sebuah bus berupaya meningkatkan prestasi komputer tetapi ia biasanya terikat dengan kelajuan pemproses.


QPI Link (Quick Path Interconnect) merupakan suatu arsitektur yang digunakan untuk mengatasi ketidak mampuan mengenai lalu lintas data yang semakin padat karena hanya terdapat satu jalur bus yang digunakan oleh semua processor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar